selamat datang di blok saya tentang sejarah dan ilmu komputer

selamat datang di blok saya tentang sejarah dan ilmu komputer
Loading...

Sabtu, 04 Februari 2012

Cara Membuat Kabel UTP Straight-Cross


by rema maznur post

Cara Membuat Kabel UTP Straight-Cross – Karena saya mahasiswa jurusan komputer , dalam sebuah jaringan yang mengkoneksikan komputer antar komputer terdapat berbagai macam model topologi , yang mana dalam membuat topologi jaringan kita membutuhkan sebuah konektor yang disebut dengan kabel UTP .kabel UTP cross dan straight
kabel UTP bukan kabel sembarangan , kabel UTP adalah kabel khusus yang di rangkai berdasarkan warna dan digunakan khusus sebagai layer phisycal , kabel utp terbagi menjadi 2 jenis yaitu UTP model Cross dan UTP model Straight , kedua nya sama – sama sebagai alat penghubung.Kita kana bahas satu per satu .

Cara Membuat Kabel UTP Straight

Kabel UTP Straight adalah kabel yang digunakan sebagai penghubungbeberapa client dengan menggunakan bantuan hub ataupun switch. Urutan rna nya yaitu : (Putih-orange  – Orange) – (Putih-hijau – Biru) – (Putih-biru – Hijau) – (Putih-coklat dgn Coklat) , susunan ujung kabel nya sama.

Cara Membuat Kabel UTP Cross

sedangkan , kabel utp cross adalah kabel penghubung antara 2 unit komputer secara langsung , tanpa perlu hub , dan susunan ujung dgn ujung berbeda kita sebut aja ujung A dan ujung B .
  • Ujung A (Putih-orange – Orange) – (Putih-hijau – Biru) -  (Putih-biru – Hijau)  – (Putih-coklat – Coklat)
  • Ujung B (Putih-hijau – Hijau) – (Putih-orange – Biru) – (Putih-biru – Orange) – (Putih-coklat – Coklat)
dalam penyusunan Warna jangan sampai ada yang terbaliknya , salah satu maka tidak bisa digunakan, setelah semuanya di rangkai berdasarkan susunan warna masukan ke 8 kabel itu kedalam Konektor RJ-45 untuk mengematenkan (kencang)  menggunakan alat Crimping .. Utuk mengetahui keberhasilan kabel maka gunakan lah tester .
Sebelumnya Persiapkan Alat dan Bahan :
  •  UTP Cable - Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair).
  •  Konektor RJ-45 – RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45.
  •  Crimping Tool - Alat yang kita gunakan untuk memasang kabel jaringan. Peralatan ini memiliki multi fungsi, diantaranya bisa memotong kabel, membuka bungkus kabel (jacket) dan menjepit kepala konektor.
  •  Cable Stripper – Digunakan untuk memotong benang halus yang ada didalam kabel dan juga bisa digunakan untuk memotong jacket pelindung kabel. Biasanya include dengan Crimping Tool.
  •  Cable Tester – Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benar atau belum.
demikian lah sedikit artikel tentang kabel utp cross dan straight , semoga dapat membantu teman-teman untuk membuat sebuah jaringan .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar