selamat datang di blok saya tentang sejarah dan ilmu komputer

selamat datang di blok saya tentang sejarah dan ilmu komputer

Rabu, 25 April 2012


Buku Gratis Belajar Office


Belajar apapun akan semakin mudah jika ada alat pendukung atau media belajarnya. Begitu pula jika kita ingin mengasah kemampuan menggunakan aplikasi office untuk mengetik, menghitung, presentasi, dan sebagainya. Aplikasi office yang bagus untuk kita pakai yaitu Openoffice atau versi kembarannya yang mutakhir, Libreoffice. Penting dipahami bahwa aplikasi tersebut bersifat bebas, terbuka, dan gratis. Aplikasi tersebut tentu legal dan berlisensi. Hal yang berbeda dengan aplikasi Ms. Office yang umumnya kita kenal yaitu baik openoffice maupun libreoffice tidak perlu bayar untuk menggunakannya. Fungsinya pun sama dengan office yang biasa kita pakai. Menarik bukan!. Nah, kita tentu rada sulit jika mulai belajar Open/Libreoffice jika tanpa panduan atau buku penunjangnya. Lantas, jika aplikasinya gratis, ada/tidak buku panduannya yang gratis pula? Jawabnya tentu ada.

Buku panduan belajar Openoffice banyak tersedia di jagad maya (internet). Judulnya pun beragam tetapi pembahasannya sama. Umumnya masih berupa panduan belajar openoffice, namun demikian hingga saat ini isinya masih relevan untuk digunakan mempelajari Libreoffice. Versi stabil Openoffice yang ada saat tulisan ini dirilis yaitu 3.3.0, sedangkan Libreoffice pada versi stabil 3.3.2. Aplikasi ini bisa diunduh langsung ke situs resminya di openoffice.org dan libreoffice.org. Pengguna Linux atau Windows bisa menggunakannya tanpa masalah. Aplikasi tersebut tidak memiliki perbedaan baik versi Windows maupun versi untuk Linux. Buku digital yang ada bisa digunakan untuk kedua lingkungan sistem operasi. Lalu, dimanakah kita bisa mendapatkan panduan/buku digitalnya?

Situs "Galeria Dirgita Devina" menyediakan buku digital (ebook) berbahasa Indonesia yang apik mengenai openoffice. Ada tiga judul buku yang dibuatnya yaitu Bisa OOo Writer, Bisa OOo Calc, dan Bisa OOo Math. Buku ini bisa anda dapatkan secara gratis dan bebas dicetak ulang (print). Buku tersebut berlisensi Creative Commons Attribution (CC-by). Di situsnya disebutkan "Penyebarluasan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu pada pemegang hak cipta diperkenankan, selama masih dalam batas-batas yang disebutkan dalam ketentuan CC-by-ND tersebut".

Anda bisa mengunduhnya (download) lewat tautan berikut:
  1. Bisa OOo Writer
  2. Bisa OOo Calc
  3. Bisa OOo Math

Tidak ada komentar:

Posting Komentar